Pencinta, Pecandu, dan Pecundang

Kali ini saya akan membahas tentang kata-kata: pencinta, pecandu, dan pecundang.

Coba kita pikirkan:
1. pecinta atau pencinta?
2. pecandu atau pencandu?
3. pecundang atau pencundang?

Mari kita mulai dengan membahas kata pencinta. Kata pencinta ada dalam KBBI. Dalam KBBI, pencinta bermakna sebagai berikut:

pen·cin·ta n orang yg sangat suka akan: kelompok ~ alam akan memulai pendakian hari Selasa minggu depan;

Sedangkan kata pecinta tidak terdapat dalam KBBI padahal saat ini banyak penutur awam yang menggunakan kata pecinta. Sebenarnya, jika kita menggunakan imbuhan peN- (bukan pe-), kata yang benar adalah pencinta sama halnya seperti kata pencuri (bukan pecuri, kan?). Tetapi, mengapa KBBI tidak memuat kata pecinta juga sebagaimana KBBI memuat peninju dan petinju? Saya juga tidak tahu. Seperti yang telah dipaparkan pada artikel saya sebelumnya, bahwa imbuhan peN- umumnya bertalian dengan meN- sedangkan imbuhan pe- umumnya bertalian dengan ber-. Itu artinya, pencinta bertalian dengan mencinta sedangkan pecinta bertalian dengan bercinta. Bercinta itu sendiri dalam KBBI bermakna 'menaruh rasa cinta'.

Sekarang saya akan membahas kata pecandu dan pencandu. Kedua kata tersebut ada di KBBI, namun yang diberi makna adalah pecandu sedangkan pencandu diartikan pecandu. Mungkinkah itu berarti pecandu lebih tepat?

pe·can·du n 1 pemadat; pengisap candu; 2 ki penggemar: ~ olahraga sepak bola; ~ olahraga bulu tangkis;
pen·can·du n pecandu;

Kata pencandu bertalian dengan mencandu. Bagaimana dengan pecandu? Apakah bertalian dengan bercandu? Tampaknya tidak. Tidak ada kata bercandu di KBBI. Sebenarnya pe- memang tidak selalu bertalian dengan ber-. Ini hanyalah secara umum saja.

Mungkin adanya kata pecinta dan pecandu karena orang Indonesia lebih nyaman menghilangkan huruf n-nya karena sudah ada huruf n pada suku pertama cinta dan candu. Ini mirip dengan penghilangan huruf r imbuhan ber- pada kata bekerja dan bepergian.

Sekarang kata pecundang. Kata pecundang ada dalam KBBI, sedangkan kata pencundang tidak ada dalam KBBI meskipun ada kata mencundangi. Berikut ini sebagian salinan dari KBBI.

cun·dang, men·cun·dangi v mengalahkan (spt dl sabung ayam);
pe·cun·dang 1 n yg dikalahkan (biasanya tanpa diduga): ayam aduannya menjadi ~; 2 v kalah (biasanya tanpa diduga): kesebelasan favorit ~ pd babak pertama;

Jadi, jelas bahwa kata yang tepat adalah pecundang. Itu berarti, imbuhan yang diberikan adalah pe- dan bermakna 'orang yang dikalahkan'.

Kesimpulan:
1. Kata yang tepat adalah pencinta.
2. Kata pecandu dan pencandu keduanya ada dalam KBBI.
3. Kata yang tepat adalah pecundang.

Referensi:
http://kbbi.web.id

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Imbuhan peN-, pe-, dan per- Disertai Soal

Alomorf Imbuhan meN- (Disertai Kasus Bahasa dan Soal)

Layung dan Lembayung